Senin, 15 November 2010

Buah Pepaya Yang Banyak Manfaat

Tau gak sih…,Pepaya (carica papaya) adalah tumbuhan serbaguna. Buahnya mengandung zat antioksidan yang tinggi. Termasuk di dalam’a vit C, flavonoid, folat, vit A, asam panthotenik, mineral, magnesium, vit E, kalium, serat, dan vit B. Buahnya mengandung enzim yang dapat mencengah pertumbuhan sel kanker payudara. Sedangkan daun dan akarnya bias digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vit A’a lebih banyak ketimbang wortel,dan vit C’a lebih banyak daripada jeruk. Pepaya juga kaya akan vit B kompleks dan vit E.

Pepaya mengandung enzim papain. Enzim ini sangat aktif dan mampu mempercepat proses pencernaan protein. Kadar protein dalam buah pepaya tidak telalu tinggi , hanya 4-6 gram per kg berat buah. Namun jumlah yang sedikit ini hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Enzim papain dalam pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar daripada ukurannya sendiri. Enzim ini dapat memecahkan makanan yang mengandung protein hingga terbentuk berbagai senyawa asam amino yang bersifat autointoxicaing atau otomatis menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diingakan akibat penernaan yang tidak sempurna. Tekanan darah tinggi, susah buang air besar, radang sendi, epilepsi, dan kencing manis merupakan penyakit2 yang muncul karena proses pencernaan makanan yang tidak sempurna. Papain dapat membantu proses pencernaan makanan yang lebih baik. Pepaya juga dapat mempercepat proses pencernaan karbohidrat dan lemak. Kandungan antiseptiknya dapat menjaga alat pencernaan terutama usus dari bakteri.

Buah pepaya dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol dalam hati. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Dan ini dapat dicengah dengan mengkonsumsi papaya secara teratur. Buah papaya mengandung vit A dan B yang diperlukan untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Pepaya juga mengandung enzim chymopapain yang dapat mengurangi peradangan sehingga membantu tubuh dalam proses penyembuhan luka bakar dan luka lainnya.

Manfaat buah pepaya yang tidak kalah pentingnya adalah mencegah kanker usus besar. Serat pepaya sangat berguna bagi mereka yang mengalami susah buang air besar(BAB).

Vit A yang terkandung dalam buah pepaya sangat bermanfaat bagi mereka yang mempunyai paru-paru lemah.
Tau tidak…??!!!!Bahwa daun pepaya dapat digunakan untuk mengobati keputihan, demam akibat nifas, melancarkan haid, dan melancarkan air susu ibu(ASI). Dan yang paling penting, dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Asam amino esensial yang dalam kondisi normal tidak bias diproduksi oleh tubuh dan biasa diperoleh melalui makanan seperti telur dan ragi. Tapi, bila enzim papain terlibat dalam proses pencernaan protein, secara alami sebagian protein dapat diubah menjadi arginin dengan papain ini juga mempengaruhi produksi Hormon pertumbuhan manusia yaitu; Human Growth Hormone(HGH). Hormone inilah yang membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Dari uji laboratorium menunjukan arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara

0 komentar:

Posting Komentar